Home / Daerah / Di Duga Miras Tanpa Bea Cukai Beredar di Kota Manado.

Di Duga Miras Tanpa Bea Cukai Beredar di Kota Manado.

imagesRAJAWALI CITRA NEWS.COM, Manado – Dengan maraknya peredaran Pabrik Minuman Keras (Miras) yang meresahkan warga Kota Manado. Dan ternyata pabrik ini terselubung di Kota Manado Sulawesi Utara. Pabrik Miras seakan di biarkan dan sudah men jamur leluasa beroperasi di Kota Manado.

Ketua Perhimpunan Peduli Masyarakat Sulawesi Utara (PPMS Sulut), Mordekhai Rohan Massie, Rabu (21/12) sekitar pukul 16.00 Wita mendatangi Mapolda Sulut, melaporkan empat pabrik minuman keras (Miras) di Kota Manado yang memiliki cukai palsu.

Menurut info yang di peroleh pabrik ini diduga telah mengolah minuman melebihi batas yang sudah ditentukan dengan kadar yang di luar batas badan BPOM SULUT. Dalam kapasitas peredaran yang sudah melebihi batas takaran yang sudah di tentukan izin BPOM dan CUKAI.

Setelah di telusuri terindikasi ada empat pabrik Miras di Kota Manado, di antaranya SELERA SARI, BiR CASABLANCA, SEGARAN SARI dan ANGGUR VIP. Pabrik Miras tersebut yang di duga tidak menggunakan pita cukai ketika dimasukan ke toko-toko maupun warung sekitar wilayah Kota Manado.

“Mereka telah melanggar undang-undang perlindungan konsumen, serta perpajakan. Dari informasi yang kami peroleh, selama setahun kerugiannya mencapai Rp 200 miliar. Kerugian itu baru data pita cukainya,” jelas Massie kepada sejumlah wartawan lewat telpon.

Ketika membuat laporan polisi bernomor STTLP/1185.a/XII/­2015/SPKT, Massie juga menambahkan, berdasarkan peraturan menteri, pembangunan pabrik minuman keras di Kota Manado sudah sangat memalukan.

Pasalnya, bangunan pabrik pembuat minuman bikin pusing itu dibuat disamping pemukiman.

Dia katakan lagi, “Karna dalam peraturan Menteri pabrik Mirasnya tidak boleh berdekatan dengan pemukiman warga. Tapi saya lihat di Kota Manado itu beda.

Pemerintah seakan tidak menggunakan lagi peraturan tersebut dan memberikan izin pembangunan pabrik Miras di dekat pemukiman,” Ungkapnya.

Ia berharap dan meminta kepada penyidik Polda Sulut untuk segera menindak peredaran Miras di Manado yang sudah sangat menyalahi aturan, jugs telah merugikan keuangan negara mencapai miliaran rupiah.

Ada semboyan di Kota Manado Sulut Sesuai dengan program “Brenti Jo Bagate” sebaiknya kepolisian mengantensinya miras beredar leluasa di masyarakat di sekitar ini” ujarnya.

Kapolda Sulut, Brigjen Pol Wilmar Marpaung sudah dikonfirmasi melalui Kabid Humas Polda. Hingga kini belum ada tindak lanjutnya.

( Joshua Nyong )

About Rajawali Citra News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Universitas SURYA Bersubsidi Pertama Akan di Realisasikan Untuk Masyarakat Yang Membutuhkan Pendidikan .

RAJAWALI CITRA News. Com  , TANGERANG BANTEN  – Untuk tahun 2017 ini ...