Home / Daerah / Tim Saber Pungli Melakukan Supervisi Kepada Pemrov Kalteng , di Duga Terjadi Pungli.

Tim Saber Pungli Melakukan Supervisi Kepada Pemrov Kalteng , di Duga Terjadi Pungli.

,

Rajawali Citra News. Com, Palangkaraya- Belum lama ini berita berkembang tentang pungutan liar ( Pungli) terjadi di wilayah Kalimantan Tengah. Permasalahan ini membuat masyarakat Kalteng menjadi resah dan kurang nyaman dengan kehadiran Pemrov Kalteng yang melakukan Pungli kepada seluruh Perusahaan yang ada di sekitar Kalteng.

Oleh karena itulah Tim Saber ( Sapu Bersih) Pungli dari Pusat datang ke Kalteng. Dan Tim melakukan investigasi terjun melakukan olah TKP. Tim Satgas Saber Pungli Pusat meminta agar peraturan Gubernur no 27/2017 tentang sumbangan pihak ke tiga di perbaiki.

Permintaan itu di sampaikan Satgas Saber Pungli saat melakukan supervisi dan koordinasi dengan Pemprov Kalteng.

Ketika di konfirmasi Kabid Ops Sekretariat Satgas Saber Pungli BrigJend Pol Widiyanto. P, mengatakan ” Tim Satgas Saber Pungli yang berjumlah 8 orang melakukan koordinasi dan supervisi karena ada laporan ke Satgas” kata Pol.Widiyanto.

Dia katakan lagi ,” Kegiatan ini hanya supervisi bukan operasi penegakan hukum.. Karena di Satgas Saber Pungli ada Pokja Sosialisasi untuk pencegahan , sehingga yang kita lakukan ini adalah sosialisasi dan pencegahan. Dan kalau ada yang kurang di benahi “.ungkap Widiyanto ,

Dia tambahkan lagi, ” Untuk Pergub Kalteng no 27/2017 itu ternyata dalam proses pembuatannya perlu di benahi karena ada dasar hukum yang belum masuk di situ.Gubernur Sugianto Sabran menyetujui dan siap memperbaiki peraturan Pergub.”ujar Widiyanto.

” jika Pergub tersebut tidak di perbaiki akan menjadi masalah, kalau bermasalah maka akan merepotkan semua pihak terkait tentunya dalam permasalahan ini.”. papar Widyanto.

Di katakan lagi, “Sebenarnya yang perlu di perbaiki dalam Pergub tersebut mengutamakan tentang Peraturan Sumbangan Pihak ke tiga( 3), karena Sumbangan pihak ke 3 dalam Pergub ada yang boleh dan ada yang tidak boleh( di lakukan), ” imbuh Perwira Polisi ini.

Ia memahami niat Gubernur untuk meningkatkan Pendapatan Daerah.Tinggal caranya supaya di sesuaikan dengan Undang Undang yang berlaku, supaya tidak salah , ” kata Widiyanto.

Sementara itu di katakan Gubernur Kalteng , Sugianto Tabran,”Setelah Rapat dengan tim Satgas Saber Pungli dari Pusat, pihaknya akan segera melakukan rapat kembali dengan PLT Sekda, Biro Hukum, dan yang lainnya, untuk membahas hal tersebut. Gubernur Kalteng berharap hal hal terkait Pergub tersebut harus sudah selesai selama tim Satgas Saber Pungli Pusat ada di Kalteng.”Saya ingin ketika beliau beliau ini ada di palangkaraya, urusan ini sudah selesai, permasalahan ini di cabut atau tidak .Kalau di cabut kira akan cabut, supaya tidak menjadi masalah,” jelas Gubernur Kalteng.

Menurut keterangan Sugianto,” Kami akan melakukan tindakan dari Pemprov Kalteng untuk bersedia mengembalikan sumbangan yang sudah di pungut dari pengusaha ,” uangnya ada di kas daerah akan kita kembalikan dan tidak menjadi masalah buat, kita harus gentle ,tetapi nanti kewajiban para pengusaha kita tuntut terhadap pemerintahan Kalteng, seperti CSR dan masih banyak lagi” kata Sugianto.

Sugianto berpendapat lagi,”untuk CSR di daerah Kalteng banyak yang tidak berjalan, sehingga kewajiban kewajiban tersebut para pengusaha kami akan tuntut” papar Sugianto kepada wartawan.

(Redaksi / Joe)

Editor : Darius Simanjuntak.

About Rajawali Citra News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Perhimpunan Alumni Jerman Gelar Silaturami Di Jakarta.

RAJAWALI CITRA NEWS.Com , JAKARTA – Negara Jerman merupakan negara adi daya ...